KOMPETENSI INTI DAN
KOMPETENSI DASAR
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN/MADRASAH ALIYAH KEJURUAN
Bidang
Keahlian : Bisnis
dan Manajemen
Program
Keahlian : Administrasi
Paket keahlian : Administrasi Perkantoran
Mata Pelajaran : Administrasi
Umum
KELAS
: X
Jumlah Jam Pelajaran : 72 jp ( 2 jp x 36 minggu efektif)
Tujuan
kurikulum mencakup empat kompetensi, yaitu (1) kompetensi sikap spiritual, (2)
sikap sosial, (3) pengetahuan, dan (4) keterampilan. Kompetensi tersebut
dicapai melalui proses pembelajaran intrakurikuler, kokurikuler, dan
ekstrakurikuler.
Rumusan
kompetensi sikap spiritual yaitu, “Menerima dan menjalankan ajaran agama yang dianutnya”. Sedangkan rumusan
kompetensi sikap sosial yaitu, “Menghayati dan mengamalkan
perilaku jujur, disiplin, tanggung jawab, peduli (gotong royong, kerja sama,
toleran, damai), santun, responsif dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai
bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif
dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan
bangsa dalam pergaulan dunia”. Kedua kompetensi tersebut dicapai melalui pembelajaran tidak langsung
(indirect teaching) yaitu
keteladanan, pembiasaan, dan budaya sekolah, dengan memperhatikan karakteristik
mata pelajaran serta kebutuhan dan kondisi peserta didik.
Penumbuhan dan pengembangan kompetensi
sikap dilakukan sepanjang proses
pembelajaran berlangsung, dan dapat digunakan sebagai pertimbangan guru dalam
mengembangkan karakter peserta didik lebih lanjut.
KOMPETENSI INTI 3 (PENGETAHUAN)
|
KOMPETENSI INTI 4 (KETERAMPILAN)
|
3. Memahami
,menerapkan,
menganalisis
pengetahuan faktual,
konseptual, prosedural
berdasarkan rasa ingintahunya
tentang
ilmu pengetahuan, teknologi, seni, budaya, dan
humaniora dengan wawasan
kemanusiaan,
kebangsaan,
kenegaraan, dan
peradaban terkait
penyebab fenomena dan kejadian, serta menerapkan pengetahuan prosedural
pada bidang
kajian yang
spesifik
sesuai dengan bakat dan
minatnya untuk
memecahkan masalah
|
4. Mengolah, menalar, menyaji, dan
mencipta dalam ranah konkret
dan ranah abstrak
terkait
dengan pengembangan
dari yang dipelajarinya di
sekolah secara
mandiri, dan mampu
menggunakan metoda sesuai
kaidah keilmuan
|
Semester 2
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.1 Memahami paradigma dan
hakikat dasar administrasi
|
4.1 Mempresentasikan
paradigma dan hakikat dasar administrasi
|
3.2 Memahami karakteristik
dan ciri administrasi
|
4.2 Mempresentasikan karakteristik
dan ciri administrasi
|
3.3 Memahami jenis
pekerjaan administrasi
|
4.3 Membuat berbagai jenis administrasi sesuai kebutuhan
pekerjaan
|
3.4 Menerapkan kegiatan
administrasi (mencatat, menghimpun, mengklasifikasi, menggandakan,
mendistribusikan, dan menyimpan)
|
4.4 Melaksanakan kegiatan
administrasi
|
Semeter 1
KOMPETENSI
DASAR
|
KOMPETENSI
DASAR
|
3.5 Memahami bentuk-bentuk organisasi
|
4.5 Membuat struktur
organisasi
|
3.6 Menganalisis fungsi-fungsi manajemen
|
4.6 Menyajikan fungsi-fungsi manajemen
|
3.7 Mengidentifikasi
tipe-tipe kepemimpinan
|
4.7 Menentukan tipe-tipe
kepemimpinan sesuai karakteristiknya
|
3.8 Memahami lay out
tata ruang kerja
|
4.8 Membuat lay out
tata ruang kerja
|
3.9 Menerapkan kemampuan berkomunikasi
|
4.9 Melakukan komunikasi
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar