RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nama Sekolah : SMK Muhammadiyah 2 Moyudan
Bidang Keahlian : Bisnis dan Manajemen
Program Keahlian : Admininstrasi Perkantoran
Mata Pelajaran : Menggunakan Peralatan Kantor
(Mesin Tik Manual)
Kelas/Semester : X/I
Pertemuan Ke- : 2
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit
Standar
Kompetensi : Mengoperasikan Mesin Tik
Manual
Kompetensi Dasar : Menekan Tuts Dengan Sistem 10 Jari
Indikator : 1. Menjelaskan Sikap
Duduk Pada Waktu Mengetik
2. Menjelaskan Fungsi Jari-Jari Pada Papan
Tuts
I.
Tujuan
Pembelajaran
A. Setelah melihat demonstrasi guru, siswa dapat
melakukan posisi sikap duduk pada waktu mengetik dengan benar.
B. Melalui penjelasan guru, siswa dapat menyebutkan
fungsi 10 jari pada papan tuts dengan benar.
II.
Materi Ajar
A.
Memperagakan
sikap duduk pada waktu mengetik.
B.
Fungsi jari pada
papan tuts.
III.
Metode
Pembelajaran
A.
Ceramah dan
Tanya jawab
B.
Demonstrasi
C.
Praktek
D.
Make a match
IV.
Kegiatan
Pembelajaran
A. Kegiatan Awal :
(15 menit)
1.
Salam pembuka
dan do’a
2.
Presensi
3.
Mengulas materi
sebelumnya
4.
Menyampaikan
tujuan pembelajaran
B. Kegiatan Inti :
(55 menit)
1.
Guru
mendemonstrasikan tentang sikap duduk pada waktu mengetik.
2.
Guru membagikan
kartu yang telah diisi dengan nomor untuk membentuk pasangan dan menjelaskan
fungsinya..
3.
Siswa mencari
pasangannya kemudian melakukan praktik cara sikap duduk yang benar pada waktu
mengetik dan membenarkan cara duduk teman pasangannya jika ada yang salah.
(karakter yang dibangun: menerima kritikan dan saran, percaya diri, keberanian,
jujur, dan bertanggung jawab).
4.
Guru menjelaskan
fungsi setiap jari pada papan tuts.
5.
Siswa menggambar
telapak tangan mereka di kertas kosong kemudian menulis fungsi setiap
jari-jarinya. (karakter yang dibangun: kejujuran, keterampilan, dan cekatan)
C. Kegiatan Akhir :
(20 menit)
1.
Menyimpulkan
materi pembelajaran.
2.
Kuis (cepat
tepat).
V.
Alat/ Bahan/
Sumber Belajar
A. Alat : Whiteboard, spidol,
penghapus, mesin tik manual
B. Bahan : Kertas
C. Sumber Belajar :
Djanewar dan Sudarmin. Mengetik Jilid 1. Armico: Bandung.
VI.
Penilaian:
A. Jenis :
Proses dan Hasil
B. Bentuk :
Tes lisan
C. Soal : Terlampir
PENILAIAN PROSES
No.
|
Nama
|
Jenis
Penilaian
|
|
||||
Kejujuran
|
Keberanian
|
Percaya Diri
|
Tanggung Jawab
|
Dll
|
Jumlah Skor
|
||
1
|
Rahma
Salsabila Putri
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Saprudin
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Hasan Effendi
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Maryati
|
|
|
|
|
|
|
5
|
RF. Komaji
|
|
|
|
|
|
|
6
|
Siti Hapsoh
|
|
|
|
|
|
|
7
|
Dahniar
|
|
|
|
|
|
|
8
|
Rohindayani
|
|
|
|
|
|
|
9
|
Cindy Reni. S
|
|
|
|
|
|
|
10
|
Aldefvi RK
|
|
|
|
|
|
|
Keterangan
Pengisian:
Pengisian setiap
kriteria diisi dengan angka 1-20.
Sedangkan untuk
jumlah skor yang didapat oleh siswa akan menentukan angka perolehan akhir,
dengan rincian sebagai berikut:
41-55 = D
56-70 = C
71-85 = B
86-100 = A
Penilaian Hasil
No.
|
Soal
|
Skor Nilai
|
1
|
Demonstrasikanlah
sikap duduk pada waktu mengetik dengan benar!
|
**
|
2
|
Sebutkan
fungsi jari telunjuk kanan dan kiri pada papan tuts!
|
*
|
3
|
Sebutkan
fungsi 5 jari kanan pada papan tuts!
|
**
|
4
|
Sebutkan
fungsi 5 jari kiri pada papan tuts!
|
**
|
Keterangan:
Setiap bintang
bernilai 10
Kunci Jawaban:
1.
Cara duduk yang
benar pada saat mengetik
(gambar)
2.
Fungsi jari pada
papan tuts
a.
Jari telunjuk
kiri : 5, r, t, g, f, y
b.
Jari telunjuk
kanan : 6, 7, y, u, h, j, n, m
3.
Fungsi jari
kanan pada papan tuts
a.
Jari jempol : spasi
c.
Jari telunjuk :
6, 7, y, u, h, j, n, m
b.
Jari tengah :
8, I, k, ?
c.
Jari manis : 9, o, l, .
d.
Jari kelingking :
0, p, :, dst
4.
Fungsi jari kiri
pada papan tuts
a.
Jari jempol : spasi
d.
Jari telunjuk
telunjuk : 5, r, t, g, f, y
b.
Jari telunjuk
tengah : 4, e, d, c, x
c.
Jari manis : 3, w, s, z
d.
Jari kelingking :
2, q, a, dst
Tidak ada komentar:
Posting Komentar