Rabu, 20 Februari 2013

Contoh Proposal PKM-P



A.    LATAR BELAKANG MASALAH
Pendidikan Nasional berfungsi mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa, bertujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga negara yang demokratis serta bertanggungjawab (Pasal 3 Undang-Undang No. 20 Tahun 2003). Mutu pendidikan selalu menarik perhatian masyarakat Indonesia karena masa depan bangsa tergantung pada pendidikan terutama di era globalisasi sekarang ini. Oleh karena itu, setiap lembaga pendidikan dituntut untuk meningkatkan mutu lembaga pendidikan dalam rangka meningkatkan pendidikan nasional.
Program keahlian administrasi perkantoran adalah termasuk salah satu dari bidang keahlian bisnis dan manajemen. Ruang lingkup pekerjaan bagi lulusan Jurusan / Program keahlian administrasi perkantoran adalah jenis pekerjaan dan atau profesi yang relevan dengan kompetensinya, antara lain pada dunia usaha / industri dan berbagai lembaga / organisasi pemerintah atau swasta. Dengan lingkup pekerjaan sebagai staf administrasi, resepsionis, operator telepon, asisten sekretaris. Dengan memanfaatkan kemampuan, pengelaman dan berbagai peluang yang ada, lulusan Jurusan / Program Keahlian Administrasi Perkantoran juga dimungkinkan mengelola dan atau berwirausaha di bidang Administrasi Perkantoran.
Namun apakah program keahlian administrasi perkantoran telah mampu menghasilkan output yang sesuai dengan kompetensi dan keahliannya. Di dalam keseharian yang kita jumpai masih banyak lulusan administrasi perkantoran yang masih harus bekerja tanpa ada kecocokan atau kesesuaian dengan ijazah dan keterampilan yang dimiliki. Kesulitan mendapatkan pekerjaan adalah faktor terpenting yang membuat situasi seperti ini sering terjadi. Sering dijumpai bahwa lulusan SMK Adm. Perkantoran bekerja tidak seuai dengan bidangnya. Hal ini disebabkan karena minimnya lowongan untuk lulusan SMK Adm. Perkantoran. Tetapi setiap tahun terus meningkat jumlah siswanya, bahkan setiap SMK Bisnis dan Manajemen memiliki 2 atau 3 kelas untuk jurusan Adm. Perkantoran. Ketidaksesuaian antara jumlah lulusan dan peluang kerja dapat menyumbangkan angka pengangguran di daerah Yogyakarta.
Hal inilah yang membuat kami tergugah untuk mencari informasi melalui penelitian kami untuk mengidentifikasi bagaimanakah keterserapan jurusan administrasi perkantoran di wilayah Yogyakarta


B.     RUMUSAN MASALAH
Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka rumusan masalah pada penelitian ini dapat disimpulkan sebagai berikut :
1.    Seberapa besarkah keterserapan lulusan SMK program keahlian administrasi perkantoran pada dunia kerja di kota Yogyakarta?
2.      Apakah kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK program keahlian administrasi perkantoran telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak sekolah?

C.     TUJUAN
1.      Mengetahui peluang kerja dan serapan lulusan SMK program keahlian administrasi perkantoran di kota Yogyakarta.
2.      Mengetahui kompetensi yang dimiliki oleh lulusan SMK program keahlian administrasi perkantoran telah sesuai dengan apa yang diharapkan oleh pihak sekolah

D.      LUARAN YANG DIHARAPKAN
1.    Karya ilmiah yang membahas tentang peluang kerja untuk lulusan SMK Administrasi Perkantoran, yang kedepannya dapat digunakan sebagai sumber referensi bagi mahasiswa maupun dosen.
2.    Memberikan pengambaran nyata bagi masyarakat tentang lulusan SMK saat ini.

E.       KEGUNAAN
Program ini diharapkan dapat berguna bagi:
1.    Mahasiswa
Sebagai salah satu bentuk sumbangan mahasiswa di dunia industri dan usaha dalam  bentuk penelitian.
2.    Masyarakat
Memberikan gambaran kepada masyarakat seberapa besar penyerapan lulusan SMK Administrasi Perkantoran di wilayah Yogyakarta.
3.    Pemerintah
Memberikan gambaran kepada pemerintah untuk mempertimbangkan kebijakan di masa mendatang serta memberi masukan untuk meregulasi dalam menerima siswa SMK prodi Administrasi Perkantoran.

F.         METODE PELAKSANAAN
1.    Lokasi Penelitian
Penelitian ini akan diadakan di Kantor Dinas Pendidikan kota Yogyakarta Jalan Hayam Wuruk 11 Yogyakarta dan Sekolah Menengah Kejuruan bidang keahlian administrasi perkantoran kompetensi keahlian administrasi perkantoran di daerah Yogyakarta.
2.    Waktu Penelitian
Kegiatan penelitian pengambilan data akan dilaksanakan dalam jangka waktu  empat bulan.
3.    Metode  Penelitian
Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Dalam hal ini peneliti membawa daftar pertanyaan sebagai acuan dalam pengambilan data dari responden. Kemudian peneliti menguraikan dengan kata-kata menurut pendapat responden, apa adanya sesuai dengan pertanyaan penelitiannya. Selain itu untuk memperkuat data yang dicari, peneliti mengambil beberapa gambar dan melakukan observasi. Observasi dilakukan dengan mengacu pada lembar observasi. Observasi yang dilakukan antara lain observasi mengenai peluang kerja yang ada di Yogyakarta, bagaimana karakteristik dari permintaan perusahaan untuk lulusan Adm. Perkantoran, dan bagaimana peran dinas terkait mengenai lulusannya.
4.      Pengambilan Data
a.         Sumber Data
1)           Data Primer
Sumber data primer yang dari penelitian ini adalah data dari Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta Jalan Hayam Wuruk 11 Yogyakarta.
2)           Data Sekunder
Sumber data tertulis dalam penelitian ini adalah buku-buku, jurnal, majalah, sumber internet yang berkenaan dengan penelitian ini.
b.        Teknik Pengumpulan Data
Adapun teknik pengumpulan data dalam metode penelitian kualitatif ini adalah sebagai berikut:
1)        Wawancara
Wawancara ini dilakukan dengan cara komunikasi tatap muka. Pewawancara selalu menjadi pihak yang bertanya, dan narasumber selalu menjadi pihak yang menjawab pertanyaan. Dalam pelaksanaannya, pewawancara membawa pedoman yang merupakan garis besar mengenai hal-hal yang akan ditanyakan. Narasumber tersebut antara lain, Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Kepala bagian SMK di Dinas Pendidikan, Kepala Sekolah Menengah Kejuruan, Ketua BKK tiap-tiap SMK dan Guru di SMK.
2)      Observasi
Dalam pelaksanaan observasi, peneliti memiliki pedoman observasi. Yaitu observasi mengenai peluang kerja lulusan administrasi perkantoran pada saat ini, penempatan lulusan administrasi perkantoaran, pemilihan tempat kerja oleh siswa dan guru, dan lain-lain.
Jenis observasi adalah observasi partisipatif dimana peneliti terjun langsung dengan obyek penelitian, namun hanya sebagian.
c.       Validitas Data
Dalam penelitian ini, kami menggunakan teknik triangulasi berdasarkan sumber, yaitu karena kami melakukan pemeriksaan terhadap keabsahan data yang telah kami peroleh dengan membandingkan dan melakukan observasi kembali kepada narasumber lain.
Bagan Validasi


 











Peneliti mencari dan mengumpulkan data dari berbagai narasumber (A, B, C). Kemudian peneliti mendapatkan data (D) dan melakukan triangulasi data (A-B-C) kemudian didapat suatu kesimpulan.
d.      Teknik Analisis Data
1)      Pengumpulan data
Data diperoleh dari hasil wawancara dan observasi dari kepala dan pegawai dinas pendidikan kota Yogyakarta, Kepala SMK, dan Ketua BKK tiap SMK di Kota Yogyakarta.
2)      Reduksi Data
Proses reduksi data ini dimaksudkan untuk lebih mempertajam, menggolongkan, mengarahkan, membuang bagian data yang tidak diperlukan serta mengorganisasikan data sehingga mudah untuk dilakukan penarikan kesimpulan yang kemudian dilanjutkan dengan proses verifikasi.
3)      Penyajian Data
Penyajian data dalam laporan penelitian ini menggunakan analisis secara deskriptif. Penyajian data disajikan dalam bab deskripsi hasil penelitian dan analisis hasil pembahasan.
4)      Penarikan Kesimpulan
Penarikan kesimpulan dari penelitian ini dilakukan dengan melihat obyek penelitian, dan mempertanyakan kembali hasil data yang diperoleh dari wawancara dengan berbagai narasumber, sambil melihat catatan lapangan agar memperoleh pemahaman yang lebih tepat. Selain itu peneliti saling mendiskusikan agar data yang diperoleh dan penafsiran terhadap data tersebut memiliki validitas sehingga kesimpulan yang ditarik menjadi kokoh.
e.       Menyimpulkan Hasil Penelitian
Penyimpulan dari penelitian ini terkait analisis dampak sosial dan ekonomi bagi siswa-siswa lulusan SMK Administrasi Perkantoran di Kota Yogyakarta. Analisis melalui berbagai sumber data yang sudah dipaparkan diatas, diolah, kemudian disimpulkan.

G.      TINJAUAN PUSTAKA
1.         Administrasi Perkantoran
Kegiatan catat-mencatat mengenai berbagai peristiwa di bidang pemerintahan serta perniagaan, atau kegiatan di dalam masyarakat, telah tumbuh dan berkembang di pusat kerajaan maupun pusat kebudayaan sebagai bentuk awal manajemen administrasi dan telah berlangsung ribuan tahun sebelum masehi. Di Indonesia telah berlangsung kegiatan administrasi pemerintahan pada masa kerajaan Sriwijaya, Majapahit, Demak, dan lain-lain yang dapat dilihat melalui prasasti maupun candi yang dibuat pada masa itu. (M. Badri Sukoco: 2006)
Sebagian besar literature menggunakan istilah administrasi perkantoran dan manajemen perkantoran dengan dengan pengertian yang sama. Hal ini dipertegas oleh pernyataan PBB (1969), bahwa keduanya sama, walaupun istilah administrasi lebih banyak digunakan untuk hal-hal yang berhubungan dengan Negara, sedangkan manajemen lebih banyak berhubungan dengan perusahaan. (Sutrisno dan Suherman: 2007)
Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) terdapat salah satunya bidang keahlian bisnis manajemen yang memiliki jurusan Administrasi Perkantoran. Kompetensi keahlian yang diajarkan di dalam administrasi perkantoran, yaitu:
a.         Memahami prinsip-prinsip penyelenggaraan administrasi perkantoran
b.         Mengaplikasikan Ketrampilan dasar komunikasi
c.         Menerapkan prinsip-prinsip kerjasama dengan kolega dan pelanggan
d.        Menerapkan Keselamatan, Kesehatan Kerja dan Lingkungan Hidup (K3Lh)
Kompetensi Kejuruan Administrasi Perkantoran, yaitu:
a.         Mengoperasikan aplikasi perangkat lunak
b.         Mengoperasikan aplikasi  presentasi
c.         Mengelola peralatan kantor
d.        Melakukan prosedur administrasi
e.         Menangani penggandaan dokumen
f.          Menangani  surat/dokumen kantor
g.         Mengelola sistem kearsipan
h.         Membuat dokumen
i.           Memproses perjalanan bisnis
j.           Mengelola pertemuan/rapat
k.         Mengelola dana kas kecil
l.           Memberikan pelayanan kepada pelanggan
m.       Mengelola data/informasi di tempat kerja
n.         Mengaplikasikan administrasi perkantoran di tempat kerja (Kurikulum SMK 1 Muhammadiyah Godean).
Standar Nasional Pendidikan mengamanatkan tersusunnya Kurikulum pada tingkat satuan pendidikan jenjang pendidikan dasar dan menengah dengan mengacu kepada Standar Isi dan Standar Kompetensi Lulusan serta berpedoman pada panduan yang disusun oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP).
Berdasarkan Standar Isi, Standar Kompetensi Lulusan, dan Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah yang disiapkan oleh BSNP, setiap satuan pendidikan dalam hal ini Sekolah Menengah Kejuruan SMK/MAK, diharapkan dapat menyiapkan Kurikulum yang akan digunakan sebagai Kurikulum operasional.
Direktorat Pembinaan SMK sesuai dengan tugas dan fungsinya berkewajiban untuk memberikan bimbingan teknis kepada setiap SMK melalui berbagai strategi dan pendekatan, agar pada saatnya setiap SMK memiliki kemampuan untuk menyiapkan Kurikulum sebagaimana diharapkan. (UU No. 23 Tahun 2003 dan PP No. 19 Tahun 2005)
2.      Peluang Kerja
                        Semakin kecilnya kesempatan lulusan SMA untuk melanjutkan ke perguruan tinggi, akibat mahalnya biaya pendidikan membuat peminat SMA di Bantul terus menurun. Sejumlah SMA pun beralih status menjadi SMK karena bekal ketrampilannya lebih banyak sehingga lebih mudah mencari pekerjaan.
Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bantul Sudarman, Selasa (15/4) mengatakan, saat ini pihaknya tengah menangani proses alih status dua SMA yang berada di Pundong dan Dlingo."Setiap tahunnya ada sekitar lima SMA yang mengajukan alih status ke SMK," katanya.
Menurut Sudarman tren alih status tersebut sudah berlangsung sejak lima tahun terakhir, tepatnya sejak biaya kuliah makin mahal. Menurut pandangan mainstream, lulusan SMA memang dipersiapkan untuk melanjutkan studi ke perguruan tinggi, sehingga bekal keilmuan yang diberikan bersifaf umum.
Namun paradigma itu sulit dipenuhi karena sebagian lulusan SMA di Bantul tidak melanjutkan kuliah karena kendala biaya. Peminat SMA pun mulai berkurang karena masyarakat lebih memilih SMK. Alasannya lulusan SMK lebih siap kerja karena bekal ketrampilannya lebih spesifik, katanya.
Jumlah SMA di Bantul saat ini 35 sekolah sementara SMK 34 sekolah. Lima tahun lalu, komposisi SMA masih cukup dominan yakni sekitar 75 persen. Harapan kami komposisinya bisa mencapai 60 persen untuk SMK dan 40 persen untuk SMA. "Jadi, bagi SMA yang sudah siap beralih ke SMK silakan mengajukan izin ke dinas," katanya.
Syarat untuk alih status terdiri dari kesiapan gedung dan animo siswa yang cukup tinggi. Untuk perlengkapan pendukung seperti fasilitas praktek bisa dilakukan secara bertahap. Secara khusus kami juga akan memberikan pembekalan bagi guru, karena materi SMA dan SMK sedikit berbeda, katanya. (Koran Kompas tanggal 15 April 2008)

H.      JADWAL KEGIATAN
KEGIATAN
Bulan Ke-
1
2
3
4
5
Persiapan Penelitian




















Persiapan Administratif




















Survey Awal Sumber Data




















Pelaksanaan Penelitian




















Perijinan




















Wawancara




















Observasi




















Analisis Data




















Penyelesaian Penelitian




















Penyusunan Laporan




















Penulisan Hasil Penelitian




















Hasil Akhir Penelitian





















I.         RANCANGAN BIAYA
Pemasukan
Anggaran Dari DIKTI
9.630.000

JUMLAH

9.630.000
Pengeluaran
Persiapan Penelitian
Penggandaan proposal dan Jilid
100.000

Internet
50.000

Fotocopy surat dan penggandaan proposal
100.000

ATK
Kertas A4 2 rim x Rp  50.000
Alat Tulis (Bolpoin, Tipe X, Pensil, Kertas, dll)

100.000
50.000        

Flash disk
150.000

Sub Jumlah

550.000
Pelaksanaan Penelitian


Transportasi dan Komunikasi
a.  Pra Survei (4 orang x Rp 500.000) dalam 5 bulan       
b.  Survei (4 orang x Rp 700.000) dalam 5 bulan
c.  Biaya Internet 80 jam (5 bulan)@2.500/jam                             
     2.000.000   
2.800.000
200.000

Dokumentasi :
a.       Sewa kamera digital (10 kali sewa x 100.000)
b.      Sewa handycam (10 kali sewa x 150.000)
c.       Kaset kosong (10 buah x 10.000)
d.      Cetak foto

1.000.000
1.500.000
100.000
130.000

Perijinan
300.000

Operasional wawancara
250.000

Operasional observasi
250.000

Sub Jumlah

8.530.000
Laporan


Penyusunan laporan
100.000

Penggandaan laporan akhir
200.000

Penyusunan Artikel
100.000

Perbanyak Artikel
150.000

Sub Jumlah

550.000
JUMLAH  TOTAL (Rp)

9.630.000





J. DAFTAR PUSTAKA
Koran Kompas (15 April 2008)
Kurikulum SMK 1 Muhammadiyah Yogyakarta.
Sukoco, Badri M. 2006.Manajemen Administrasi Perkantoran Modern. Jakarta: Erlangga.
Sutrisno dan Suherman. 2007. Modul Menggunakan Peralatan Kantor. Jakarta: Yudhistira.
UU No. 23 Tahun 2003 dan PP No. 19 Tahun 2005

K. LAMPIRAN
1.      NAMA DAN BIODATA KETUA SERTA ANGGOTA KELOMPOK
a.         Ketua Pelaksana Kegiatan
1)      Nama lengkap                        : Siti Hapsoh
2)      NIM                           : 10402249001
3)      Prodi                          : Pendidikan Administrasi Perkantoran
4)      Fakultas                      : Ilmu Sosial
5)      Perguruan Tinggi        : Universitas Negeri Yogyakarta
6)      Alamat Rumah           : Jl. Muara Enim No. 292 Kecamatan
        Barat Kabupaten OKU Induk SumSel    
7)      No. HP                       : 085729000266
8)      Alamat E-mail                        : sitiferancia@gmail.com
9)      Waktu untuk kegiatan            : 24 Jam
Yang menyatakan,

(Siti Hapsoh)
b.         Anggota Pelaksana I
1)  Nama lengkap              : Retno Wulansari
2)      NIM                            : 10402244030
3)      Prodi                           : Pendidikan Administrasi Perkantoran
4)      Fakultas                       : Ilmu Sosial
5)      Perguruan Tinggi         : Universitas Negeri Yogyakarta
6)      Alamat                                    : Karang  RT 03/22, Banyurejo, Tempel
  Sleman, Yogyakarta
7)      No. HP                        : 087839507715
8)      Alamat E-mail             : rwulansari49@yahoo.com
9)      Waktu untuk kegiatan : 24 Jam
                                                                                   Yang menyatakan,

                                                                                   (Retno Wulansari)

b.      Anggota Pelaksana II      
1)      Nama lengkap             : Fitriana Rahmawati
2)      NIM                            : 1040224402
3)      Prodi                           : Pendidikan Administrasi Perkantoran
4)      Fakultas                       : Ilmu Sosial
5)      Perguruan Tinggi         : Universitas Negeri Yogyakarta
6)      Alamat Rumah            : Desa Tegalgondo RT 01/01 Kec. Butuh
  Kab. Purworejo Jawa Tengah 54264
7)      No. HP                        : 083840051811
8)      Alamat E-mail             : phytri.chocolate@gmail.com
9)      Waktu untuk kegiatan : 24 Jam
Yang menyatakan,

(Fitriana Rahmawati)


c.       Anggota Pelaksana III
1)      Nama lengkap             : Ermawati Rahma Yudhianingsih
2)      NIM                            : 10402244035
3)      Prodi                           : Pendidikan Administrasi Perkantoran
4)      Fakultas                       : Ilmu Sosial
5)      Perguruan Tinggi         : Universitas Negeri Yogyakarta
6)      Alamat Rumah            : Sunten RT 08/32, Banguntapan, Bantul,
   Yogyakarta 55198
7)      No. HP                        : 085729149352
8)      Alamat E-mail             : luviblack@yahoo.com
9)      Waktu untuk kegiatan : 24 Jam
Yang menyatakan,

(Ermawati Rahma Y)

2.      NAMA DAN BIODATA DOSEN PENDAMPING
a.       Nama lengkap                   : Sutirman, M.Pd
b.      NIDN                                : 0003017211
c.       Golongan dan Pangkat     : IIIb / Penata Muda Tk. 1
d.      Jabatan Fungsional            : Lektor
e.       Jabatan Struktural             : -
f.       Fakultas                             : Ilmu Sosial
g.      Perguruan Tinggi               : Universitas Negeri Yogyakarta
h.      Bidang Keahlian               : Teknologi Pembelajaran Administrasi
i.        Waktu untuk kegiatan       : 8 Jam
Mengetahui,
Dosen Pendamping


(Sutirman, M. Pd)
                                                             NIDN. 0003017211


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar